Waspada, Ini 5 Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri yang Bisa Fatal

King Sige – Meski ukurannya kecil, bakteri adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan penyakit, lo! Apalagi, rata-rata penyakit yang disebabkan oleh bakteri menular dan membahayakan manusia. Bakteri ini bisa masuk dan mengontaminasi tubuh Anda melalui makanan, minuman ataupun kontak dengan kulit. Nah, apa saja penyakit yang disebabkan bakteri dan berbahaya?

penyakit yang disebabkan oleh bakteri

1. Tuberkulosis (TBC)

TB atau TBC adalah salah satu penyakit menular yang penyebarannya sangat luas di seluruh dunia. Penularan TB ini juga sangat mudah, hanya melalui sekresi batuk si penderita yang menyebar di udara. Jenis bakteri yang menyebabkan TC ini adalah bakteri mycobacterium tuberculosis.

Jenis bakteri ini terbilang cukup ganas dan sulit untuk disembuhkan. Untuk menyembuhkan TB, setidaknya butuh waktu sekitar 6 bulan hingga 1 tahun terapi pengobatan TB yang lengkap dan tak boleh putus. Gejala dari penyakit ini sendiri adalah berat badan yang menurun drastis, batuk kronis, demam, kurang nafsu makan dan lainnya.

2. Tipes

Tipes atau disebut juga dengan demam tifoid ini adalah penyakit yang disebabkan bakteri yang mengontaminasi makanan. Umumnya, penyakit ini menyerang anak-anak yang tinggal di lingkungan yang kurang bersih serta sanitasi yang buruk. Jenis bakteri yang sebabkan tipes ini adalah salmonella typhi.

Gejala dari demam tifoid ini adalah demam tinggi yang bisa mencapai 40 derajat celcius dan bertahan hingga beberapa hari. Selain itu, bisa juga ditandai sakit perut, sembelit atau diare yang berkepanjangan.

3. Diare

Tentu saja, diare termasuk salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri satu ini ditandai dengan sakit perut dan feses yang encer serta BAB sering. Bakteri yang sebabkan penyakit ini cukup banyak jenisnya. Ada escherichia coli, campylobacter, clostridum difficile, salmonela, dan shigella.

Selain sakit perut dan feses encer serta BAB yang sering, penyakit ini juga ditandai dengan nyeri pada perut dan dehidrasi. Umumnya, penyakit ini bisa disembuhkan dengan menggunakan obat diare yang bisa didapatkan di apotik atau menggunakan bahan alami seperti daun jambu biji. Hanya saja, pengobatannya perlu perhatian serius.

4. Disentri

Ada lagi penyakit disentri. Penyakit yang satu ini menginfeksi usus dan menyebabkan terjadinya diare yang disertai darah dan lendir. Penyakit ini bisa ditemukan pada anak-anak maupun orang dewasa. Gejala umum penyakit ini adalah diare yang disertai darah, mual, muntah hingga kram pada perut.

Jenis bakteri yang menyebabkan disentri ini adalah shigella sonnei dan sgihella dysenteriae. Jenis bakteri ini pada umumnya menginfeksi lewat makanan. Kurang bersihnya tempat tinggal dan sistem sanitasi yang buruk adalah penyebab utamanya.

5. Pneunomia

Ada lagi pneunomia. Penyakit yang satu ini menyerang paru-paru. Orang awam lebih kenal dengan sebutan paru-paru basah untuk penyakit ini. Gejalanya adalah ditandai dengan batuk kering atau batuk yang disertai dengan dahak berwarna kuning, hijau ataupun bercampur dengan darah.

Selain itu, ditandai juga dengan napas pendek, rasa sakit saat menarik napas dan demam tinggi. Jenis bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah streptococcus pneumoniae yang menular lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Nah, itulah daftar penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang harus Anda waspadai. Kalau dibiarkan, penyakit tersebut bisa berakibat serius pada diri Anda. Oleh sebab itu, selalulah jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Anda bisa cuci tangan dengan sabun Lifebuoy setiap hari sebelum makan atau sesudah beraktivitas untuk bantu jaga kebersihan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *