Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat Menuju Bangsa Sehat Berprestasi

hidup sehat

King Sige – Upaya perbaikan gizi masyarakat bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorang dan masyarakat, antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan dan minum dengan selalu memperhatikan hidup sehat dengan air alkali  perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi serta kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Gizi yang baik merupakan landasar kesehatan, gizi mempengaruhi kekebalan tubuh kerentanan terhadap penyakit, serta pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental. Gizi yang baik akan menurunkan kesakitan, kecacatan dan kematian sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Untuk mencapai sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dalam sebuah aksi untuk Rencana Aksi Pembinaan Gizi Masyarakat, pemerintah mulai menetapkan 8 indikator kerja. Pertama, balita selalu ditimbang berat badannya. Umumnya dilakukan di posyandu setempat secara berkala untuk mengetahui indeks masa tubuh anak. Pengecekan status gizi juga bisa dilihat dari lingkar kepala melalui kurva khusus bernama kurva Nellhause untuk memastikan anak Anda tidak makrosomia ataupun mikrosomia. Lalu, jika bayi terdeteksi menderita gizi buruk maka harus segera dilakukan perawatan intensif. Dimulai dari pola makan hingga pengawasan ketat akan tumbuh kembang sang anak. Balita yang berusia 6 bulan hingga 59 bulan harus mendapatkan kapsul vitamin A secara rutin. Sementara bayi usia 0 bulan hingga 6 bulan diwajibkan untuk mendapatkan ASI ekslusif, yaitu pemberian ASI seutuhnya tanpa memeri makanan tambahan apapun. Ibu hamil juga berhak mendapatkan 90 tablet Fe untuk mencegah anemia selama kehamilan. Garam yang beriodium penting untuk dikonsumsi sebagai upaya pencegahan dari penyakit gondok atau goiter. Selain harus mencapai sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa mulai memahami manfaat air alkali untuk kesehatan.

Semua upaya yang dilakukan tersebut berguna untuk mencegah terjadinya malnutrisi pada anak yang juga menjadi goal pertama dalam memenuhi indikator MDGs. Diharapkan kemudian hari prevelansi anak gizi buruk dan malnutrisi berkurang cukup signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *