Sebelum Menghilangkan Ketombe, Cari Tahu 4 Penyebab Ketombe Berikut Ini!

King Sige – Salah satu permasalahan rambut yang seringkali dialami adalah ketombe. Meski ketombe ini wujudnya kecil, tetap saja keberadaan ketombe membuat kita tidak nyaman. Selain mengganggu penampilan, ketombe juga membuat kulit kepala menjadi gatal-gatal. Memang kini sudah tersedia shampo yang bisa diandalkan untuk menghilangkan ketombe. Namun disisi lain perawatan rambut yang tepat tetap dibutuhkan agar ketombe tidak muncul lagi.

Banyaknya produk shampo yang sudah dilengkapi formula khusus untuk mengatasi ketombe bukan lantas membuat PR Anda merawat rambut selesai begitu saja. Anda juga harus tahu apa saja penyebab ketombe agar nantinya bisa melakukan antisipasi sehingga ketombe tidak lagi bersarang di kulit kepala dan rambut. Lagi pula tidak semua produk shampo tersebut cocok dengan jenis kulit Anda. Jadi Anda pun tetap harus selektif sebelum membelinya.

menghilangkan ketombe

Penyebab Ketombe

Sebelum tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe, ketahui penyebab ketombe berikut ini.

1. Stres

Minimnya kemampuan mengelola stres bisa berakibat pada munculnya ketombe. Hal ini karena stres mampu merusak sistem kekebalan tubuh sehingga turut berperan sebagai penyebab ketombe. Dokter Nadia Octavia mengatakan bahwa stres bisa menjadi pemicu ketombe, bahkan kondisi ini juga bisa memperparah gejala yang ada.

Selain itu rasa gatal yang muncul juga membuat Anda akan lebih sering menggaruk kulit kepala. Tidak hanya akan merusak jaringan kulit, ini juga membuat Anda semakin merasa tidak nyaman dan tentu saja membuat kadar stres semakin menjadi-jadi. Alhasil, ketombe pun tidak kunjung hilang.

2. Sensitif terhadap jamur

Terkadang ketombe bisa muncul karena kulit kepala Anda sensitif terhadap jamur alami pada kulit. Jamur ini biasa disebut dengan ragi (yeast) Pityrosporum orbiculare. Jadi ragi ini biasanya memakan minyak yang ada pada kulit kepala. Inilah yang kemudian membuat Anda yang mempunyai kulit kepala berminyak lebih mudah jadi sasaran ketombe.

3. Rambut kurang bersih

Apabila terjadi penumpukan keringat atau minyak di kulit kepala bisa berujung pada munculnya ketombe. Sehingga dari sini bisa disimpulkan bahwa kebersihan rambut dan kulit kepala sangat penting guna mencegah adanya ketombe. Oleh karena itu rajinlah mencuci rambut agar kebersihan rambut dan kulit kepala terjaga.

Anda juga disarankan keramas menggunakan shampo yang mengandung tea tree oil karena kandungan ini mampu membantu mengatasi permasalahan ketombe. Ketika keramas, pastikan memberikan pijatan ringan ke seluruh kulit kepala. Setelah itu bilas rambut sampai benar-benar bersih dan tidak ada sisa-sisa residu yang tertinggal.

4. Diet

Keinginan untuk memiliki berat badan ideal memang lumrah. Akan tetapi jangan sampai Anda melakukan diet ketat sehingga mengorbankan kesehatan. Tidak jarang diet yang dilakukan justru membuat asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangat terbatas. Padahal vitamin B yang seharusnya dikonsumsi ini baik untuk kesehatan rambut. Ketika asupan vitamin B ini sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada, maka akan membuat kulit kepala dan rambut mudah berketombe.

Jalanilah program diet yang tepat dengan tidak membatasi mengkonsumsi makanan sehat. Berat badan ideal memang penting, tapi lebih dari itu kesehatan tubuh dan kesehatan rambut juga lebih penting.

Demikianlah 4 hal yang bisa menjadi penyebab munculnya ketombe. Untuk menghilangkan ketombe Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar. Untuk memaksimalkan proses menghilangkan ketombe ini Anda juga bisa mengimbanginya dengan penggunaan shampo yang dirancang khusus untuk mengatasi permasalahan ketombe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *