Mengapa Tampilan Desain Produk Makanan Sangat Penting?

King Sige – Membuat desain untuk kemasan produk makanan tak bisa sembarangan. Sebab, tampilan dari desain produk makanan itu harus bisa diterima konsumen dan memiliki daya guna yakni sebagai sarana pemasaran juga. Nah, mengapa sebenarnya Anda tak boleh asal dalam memilih desain kemasan produk makanan? Ini dia alasannya!

desain produk makanan

1. Penegasan Identitas

Desain kemasan produk makanan bisa jadi merupakan penegasan identitas dari prodyk makanan tersebut. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih kemasan produk yang unik dan desain berbeda. Dengan begitu, konsumen akan mengenalinya sebagai identitas dari merek makanan tertentu.

2. Membentuk Loyalitas Konsumen

Alasan lainnya adalah kemasan produk makanan yang didesain bagus bisa membentuk loyalitas konsumen. Meski secara tak sadar, secara psikologis konsumen akan memilih secara emosional melalui warna, layout, dan keunikan kemasan tersebut. Ambil contoh kemasan Indomie, Anda pasti akan dengan cepat mengenalinya dan mau membelinya, kan?

3. Sarana Komunikasi

Desain kemasan produk makanan yang bagus juga bisa dijadikan sarana komunikasi bagi siapa saja yang melihatnya. Maksudnya tentu saja komunikasi visual yang akan memberi impresi bagus sehingga akan menampilkan kesan berkualitas dan menarik perhatian pembeli untuk membelinya.

4. Simbol Estetika

Apa yang biasanya Anda lihat dari kemasan pembungkus makanan? Warnanya dan merek? Bisa jadi. Namun, ada banyak orang juga yang memilih membeli suatu produk makanan karena estetika dari desain kemasannya. Kemasan yang unik, entah dari bentuk atau desainnya, jelas akan menarik perhatian konsumen.

Tak perlu desain produk makanan yang ribet, yang sederhana namun memiliki nilai prestis yang pas saja sudah cukup. Dengan memilih tampilan yang pas juga, bisa membuat produk makanan yang dibungkus dengan kemasan tersebut memiliki citra yang tinggi. Sebaliknya, bila desainnya terlalu ramai, bisa jadi itu menjatuhkan nilainya.

5. Wadah Pendistribusian

Manfaat lain dari desain kemasan produk makanan yang baik adalah untuk wadah pendistribusian. Kalau kualitas produk kemasan ada di bawah standar, hal ini jelas bisa mengurangi nilai produk makanan yang dijual. Misalnya, kalau Anda membeli burger, tentu rasanya berbeda antara membeli dengan kemasan bawa pulang dan tidak, kan?

6. Penyampai Informasi

Fungsi berikutnya dari desain kemasan yang baik ada;lah sebagai penyampai informasi tentang makanan tersebut. Di lingkung kecil seperti UKM pun, desain kemasan ini memiliki tujuan sebagai penyampai informasi dari segi nama pembuat dan bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Sedangkan pada skala yang lebih besar, kemasan produk biasanya mewakili nilai perusahaan tersebut. Selain informasi tentang nama perusahaan dan bahan apa saja yang digunakan dalam membuat makanan tersebut, di kemasan makanan biasanya juga ada nomor perizinan dan tanggal kadaluarsa yang membuat konsumen lebih tahu mengenai produk tersebut.

7. Memberi Proteksi

Fungsi lain dari adanya kemasan makanan yang baik adalah bisa jadi pelindung bagi makanan yang ada di dalamnya. Tanpa kemasan yang bagus, tentu produk akan lebih mudah rusak. Kalau sudah begini, tentu si pemilik usaha dan konsumen rugi. Perusahaan rugi karena citra perusahaan turun sedangkan konsumen rugi karena sudah membayar untuk makanan itu.

Khusus untuk produk makanan, desain produk makanan tersebut sangat berguna untuk menjaga kualitas dari makanan itu. Hanya saja, sampai saat ini masih banyak perusahaan yang tak sadar akan pentingnya kemasan. Anda tidak termasuk ke dalamnya, kan? Nah, kini Anda pesan jasa pembuatan desain kemasan makanan di fastwork.id untuk dapat desain oke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *