Ingin Dapatkan Harga Mobil Murah? Penting Perhatikan 5 Hal Ini

King Sige – Bisa mendapatkan cicilan yang ringan ketika membeli mobil tentunya merupakan impian bagi semua orang. Pasalnya mobil dinilai sebagai jawaban terbaik atas kebutuhan aktivitas yang lebih nyaman. Terlebih lagi kebutuhan keluarga saat akhir pekan. Lantas bagaimana sih cara agar bisa mendapatkan harga mobil murah? Berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

harga mobil murah

Pilihan Kredit Mobil Baru dari Bank Dibanding Leasing

Jika Anda menginginkan cicilan yang ringan ketika mengajukan kredit kendaraan, maka ada baiknya Anda memilih pembayaran dari pihak bank saja. Mengapa harus demikian? Pasalnya hampir semua bank di Indonesia memiliki produk kredit kendaraan atau yang lebih dikenal dengan KKB. Skema pinjaman yang ditawarkan juga hampir sama dengan skema pinjaman biasanya.

Lantas mengapa disarankan untuk memilih dari pihak bank saja? Sebab pada umumnya bunga yang ditawarkan cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan pihak perusahaan pembiayaan atau multifinance. Suku bunga yang relatif rendah ini tentunya akan sangat berdampak pada besarnya cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Pilih Pembayaran Uang Muka dengan Jumlah yang Lebih Besar

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan harga mobil murah adalah denga memilih pembayaran uang muka dengan jumlah yang lebih besar. Cara yang satu ini sangat efektif untuk membuat cicilan mobil Anda menjadi lebih ringan. Pada umumnya pihak leasing atau bank akan mematok biaya uang muka sebesar 10 hingga 30 persen.

Jika kondisi keuangan Anda memungkinkan maka ada baiknya Anda memilih besarnya uang muka di atas 40 persen. Hal ini akan membuat beban hutang Anda menjadi lebih ringan dan tidak terlalu besar. Maka secara otomatis besarnya cicilan juga akan menjadi lebih kecil. Pastikan jangan pernah menggunakan uang pinjaman untuk kebutuhan uang muka kredit mobil yang akan dibeli.

Lebih Baik Pilih Masa Tenor yang Lebih Singkat

Semakin panjang masa tenor yang Anda ambil, tentunya hal ini juga akan membuat waktu untuk mencicil lebih banyak yang akan berimbas pada besarnya cicilan yang harus Anda bayarkan. Pada umumnya pihak leasing akan menawarkan masa tenor hingga 8 tahun. Sedangkan bank hanya akan menawarkan masa tenor paling lama 5 tahun saja.

Memang masa tenor yang lebih panjang juga akan membuat besarnya cicilan menjadi lebih ringan. hanya saja dengan memilih masa tenor yang lebih lama mengharuskan Anda untuk rela membayar mobil dengan harga yang lebih mahal. Jadi saat memutuskan untuk membeli mobil secara kredit, ada baiknya Anda memilih masa tenor yang lebih singkat agar beban cicilan tak terlalu berat.

Pilih Jenis Mobil yang Paling Sesuai dengan Kondisi Finansial

Mobil yang termasuk ke dalam golongan low cost green car atau LCGC merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan mobil baru dengan harga yang lebih terjangkau. Memang saat ini harga mobil LCGC terus naik dan hampir sama dengan mobil MPV. Meski demikian harga mobil ini masih cukup terjangkau untuk kalangan menengah.

Sedangkan untuk segi performa, mobil yang satu ini memang tidak bisa secepat mobil MPV. Namun mobil yang satu ini sangat cocok untuk para generasi muda dengan penghasilan menengah yang tinggal di perkotaan. Jadi tak ada salahnya untuk menjadikan mobil LCGC sebagai pilihan kendaraan Anda saat ini.

Nah di atas merupakan beberapa cara mudah mendapatkan harga mobil murah yang bisa Anda terapkan. Pastikan Anda memperhatikan beberapa tips di atas sebelum memutuskan untuk kredit mobil baru. Dengan beberapa cara di atas, kini keinginan untuk memiliki mobil baru bukan hanya sekadar impian saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *