Fakta Kaldu Bubuk Jamur, Tak Kalah Umami dari Kaldu Lain

King Sige – Bila selama ini Anda hanya tahu ada kaldu ayam, kaldu sapi dan kaldu ikan yang rasanya umami, kini Anda perlu memperhitungkan kehadiran kaldu jamur. Kaldu ini rasanya juga tak kalah gurih dari beberapa kaldu di atas. Anda bisa buat sendiri atau beli kaldu bubuk jamur yang dijual di pasaran. Bila Anda belum tahu, ini fakta seputar kaldu jamur yang gurih!

kaldu bubuk

1. Terbuat dari Bahan Nabati

Berbeda dari jenis kaldu lainnya, kaldu jamur ini adalah satu-satunya kaldu yang terbuat dari bahan nabati. Seperti namanya, kaldu ini dibuat dari bahan dasar jamur yang ditambah dengan beberapa bumbu lain sehingga menjadikan rasanya tak kalah sedap namun tetap menyehatkan untuk dikonsumsi.

Pada umumnya, kaldu jamur ini bisa dengan bebas Anda temukan di pasaran dalam bentuk bumbu kering atau bubuk. Rasanya tak kalah gurih dan sedap dibandingkan jenis kaldu yang lainnya. Bubuk kaldu jamur ini bisa Anda gunakan untuk memperkuat rasa dan menambah citarasa masakan Anda.

Hebatnya lagi, kaldu jamur ini bebas dari MSG atau micin yang biasanya ditemukan dalam kaldu ayam dan kaldu sapi. Nah, kini Anda bisa mendapatkan kaldu yang bebas dari bahan tersebut dan bisa membuat Anda lebih sehat. Sebab, jamur ini sangat baik untuk penderita asam urat yang tak boleh mengonsumsi kaldu dari ayam dan sapi.

2. Mengandung Banyak Manfaat untuk Tubuh

Fakta lain seputar kaldu bubuk jamur yang kini bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran adalah ternyata ia juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Pasalnya, kaldu jamur ini mengandung banyak nutrisi seperti lemak tak jenuh, selenium, vitamin A, C, D, B6 dan B12. Selain itu, Anda juga bisa menemukan kalsium dan magnesium di dalamnya.

Tak hanya itu saja, kandungan protein di dalam kaldu jamur ini juga sangat tinggi. Semua nutrisi tersebut bisa membuat anda lebih sehat. Misalnya saja, kandungan vitamin D-nya. Vitamin D mampu menurunkan tekanan darah Anda. Ada juga selenium yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Kandungan asam amino yang ada di dalam kaldu jamur ini bisa mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Seluruh kandungan yang ada di dalam kaldu jamur ini juga sangat berguna untuk menangkal dan mengeluarkan racun yang ada di jaringan hati. Tak hanya itu saja, seluruh kandungan nutrisinya juga bisa meningkatkan kualitas sel otak Anda.

3. Bisa Diolah Sendiri

Saat ini kaldu jamur memang bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran. Namun, kalau ada waktu, Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya juga tak susah. Anda hanya perlu beberapa buah jamur shitake, jamur kancing dan jamur merang saja. Jangan lupa untuk menyiapkan  bumbu lain seperti bawang bombai dan minyak zaitun.

Untuk langkah membuatnya, Anda hanya perlu menumis bawang bombai hingga harum lalu masukkan semua jenis jamur tersebut ke dalamnya. Masak hingga jamur tersebut layu. Setelah itu, panaskan air dalam panci dengan api kecil dan rebus tumisan tersebut. Angkat bila rebusan sudah menyusut dan kaldu jamur pun sudah siap.

Itulah fakta seputar kaldu bubuk jamur yang bisa Anda tahu. Kalau Anda ingin beli kaldu jamur yang alami, Anda bisa beli di lemonilo.com saja. Lemonilo.com ini adalah sebuah shalthy lifestyle ecosystem yang menghadirkan berbagai produk alami dengan harga terjangkau. Tentu saja, semua produknya bebas dari bahan sintetis berbahaya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *