Cara Mengatasi Keringat Berlebih Secara Alami dan Aman

King Sige – Masalah keringat berlebih bisa membuat kadar percaya diri seseorang menurun drastis. Sebab, biasanya keringat yang berlebihan ini juga diikuti masalah lain seperti bau badan. Namun tenang, bila Anda mengalaminya, sekarang tak usah khawatir lagi. Sebab, ada cara mengatasi keringat berlebihan yang bisa Anda terapkan!

keringat berlebih

1. Hindari Makanan Pedas

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keringat yang berlebihan adalah dengan menghindari makanan pedas. Makanan pedas mampu meningkatkan produksi keringat. Apalagi kalau Anda mengonsumsinya dalam keadaan sedang gugup, stres dan cemas, keringat yang diproduksi akan semakin banyak.

2. Pakai Baju yang Menyerap Keringat

Sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik. Baik itu ketika tidur, bepergian atau saat olahraga. Usahakan pilihlah baju yang 100% terbuat dari katun asli. Bahan ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyerap keringat. Hindarilah yang terbuat dari sintetis dan poliester karena kurang baik menyerap keringat.

3. Berhentilah Merokok

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi keringat yang berlebihan adalah dengan tidak merokok. Kenapa? Sebab, rokok akan memaksa tubuh Anda bekerja lebih keras untuk membuang zat racun seperti nikotin yang ada di dalamnya. Hal inilah yang jadi penyebab produksi keringat Anda berlebih. Berhenti merokok jelas sangat membantu mengatasinya.

4. Mandi Setiap Hari

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah keringat berlebih adalah dengan mandi setiap hati. Selama ini mungkin Anda terpaku dengan aturan bahwa mandi harus dua kali sehari, pagi dan sore. Namun, hal ini tidak perlu Anda terapkan. Bila cuaca sedang panas atau ketika Anda habis berolahraga, jangan ragu untuk mandi.

Sebab, pada keadaan seperti itu, bakteri akan berkembang biak dan menimbulkan bau di tubuh Anda serta keringat juga sangat banyak. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mandi. Jangan lupa, pilihlah sabun yang men. Mengandung sulfur atau agen antibakteri lainnya di dalamnya. Ini bisa bantu Anda mengatasi bau badan akibat keringat yang banyak.

5. Gunakan Ramuan Alami

Ada banyak ramuan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah keringat ini. Di antaranya adalah cuka apel atau cuka putih. Anda bisa memercikkan cuka ini ke ketiak Anda untuk mengatasi keringat dan bau badan. Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi anggur, jus rumput gandum dan tomat.

Bisa juga dengan meminum teh herbal seperti green tea atau sage yang kaya akan magnesium dan vitamin B. Semua ramuan tersebut mampu mengurangi aktivitas pada kelenjar keringat terkhusus di bagian ketiak. Solusi alami lain yang bisa Anda gunakan adalah campuran tepung jagung dan baking soda yang dibuat menjadi scrub atau masker.

Anda bisa mengaplikasikannya ke ketiak dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas. Campuran garam dan lemon juga sangat membantu untuk hal ini. Anda bisa gunakan keduanya sebagai scrub di ketiak. Dengan menggunakan salah satu dari bahan alami di atas, Anda bisa memperlambat aktivitas kelenjar keringat dan produksi keringat bisa dibatasi.

Nah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk atasi keringat berlebih, kan? Selain cara itu, Anda harus minum banyak air dan jauhi stres. Jangan lupa pakai deodorant untuk bantu kontrol keringat. Salah satu yang bisa dipakai adalah Rexona. Deodorant ini mengandung bahan alami yang baik untuk ketiak dan bisa atasi bau dan keringat yang berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *