7 Tips Memilih Leasing yang Pas untuk Kredit Motor

King Sige – Tingginya kebutuhan masyarakat akan transportasi membuat banyak yang mengambil kredit motor untuk memenuhinya. Tak ada yang salah dengan itu sebab motor juga merupakan moda transportasi yang aman dan nyaman. Bila Anda tertarik untuk ambil kredit kendaraan ini, pastikan memilih leasing yang tepat. Ini dia tips memilihnya!

kredit motor

1. Pilih yang Pembiayaannya Dapat Dipercaya

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan dalam memilih leasing yang pas adalah dengan memilih yang pembiayaannya terpercaya. Maksudnya di sini adalah leasing tersebut ada di daftar Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia atau APPI. Leasing yang tergabung dalam ini terjamin pembiayaannya terbaik dan memiliki jaringan yang luas dengan dealer rekanan.

2. Produk yang Fleksibel dan Kompetitif

Selain itu, pilih juga leasing yang produknya fleksibel dan kompetitif. Dengan banyaknya pilihan yang bisa Anda ambil, Anda bisa memilih dengan bebas yang mana disuka. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan isi kantong kalau produknya banyak.

3. Pertimbangkan Leasing yang Dekat dengan Rumah

Tak ada salahnya Anda mempertimbangkan leasing yang dekat dengan rumah Anda. Leasing yang dekat dengan rumah akan mempermudah Anda dalam mencari info mengenai kredit yang diajukan. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mendatangi leasing tersebut untuk pembayaran atau untuk hal lain bila ada masalah yang terjadi dengan kredit Anda.

4. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Selain itu, baiknya Anda menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Saat ini ada banyak penawaran kredit yang bisa Anda ambil semisal uang muka yang ringan dan bisa dicicil atau tenor yang panjang. Hal ini terlihat sangat menarik dan menguntungkan. Namun, sebaiknya Anda pertimbangkan dulu sebelum mengambilnya.

Ingat, mengajukan kredit motor dengan uang muka ringan atau bisa dicicil hanya akan memperberat Anda dalam melunasi pembelian motor tersebut. Pasalnya, angsuran yang harus dibayarkan akan lebih besar. Selain itu, biasanya bunga kredit yang diberikan juga lebih besar dibanding yang uang mukanya tinggi.

Ukurlah kemampuan Anda dalam membayar cicilan lebih dulu. Hindari memaksakan diri mengambil cicilan kredit dengan jumlah yang besar namun membuat kondisi keuangan Anda terbebani. Jika Anda memiliki kemampuan dalam melunasi cicilan kredit dengan angka besar, tak masalah. Namun kalau tidak, lebih baik jangan.

5. Pahamilah Metode Pembayaran yang Diterapkan

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih leasing adalah metode pembayaran yang diterapkan. Pilih yang sistem pembayarannya memudahkan Anda. Misal bisa lewat ATM, internet banking dan lainnya. Hal ini bisa memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran dan menghindari keterlambatan bayar akibat susah pembayaran.

6. Keamanan dan Kemudahan Pengambilan BPKB

BPKB biasanya baru akan diberikan pada si pengkredit motor saat kreditnya sudah lunas. Pastikanlah leasing yang Anda pilih mampu menyimpan BPKB Anda secara aman. Pastikan juga BPKB tersebut bisa Anda ambil langsung ketika pembayaran telah lunas. Hal ini biasanya sudah ada di perjanjian awal sebelum Anda menandatangi kontrak kredit.

7. Kemudahan Akses Informasi

Anda juga perlu mempertimbangkan kemudahan akses informasi dari leasing tersebut terlebih bila letak leasingnya jauh dari rumah. Informasi seperti produk, laanan, paket pembiayaan dan lainnya adalah hal yang perlu Anda ketahui untuk memudahkan Anda dalam kredit tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang baiknya Anda perhatikan dalam memilih leasing untuk kredit motor. Dengan memilih leasing yang tepat, Anda bisa memperoleh motor terbaik sesuai kebutuhan. Kalau mau yang terpercaya, Anda bisa memilih leasing yang bekerja sama dengan dealer Yamaha saja untuk memperoleh motor yang paling baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *