5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat

King Sige – Kendaraan baik itu motor maupun mobil merupakan investasi besar yang kita miliki. Apalagi kendaraan tersebut adalah kendaraan yang Anda impikan selama ini. Pastinya kendaraan yang Anda miliki akan dirawat dan dilindungi sebaik mungkin. Salah satu caranya dengan membeli polis asuransi kendaraan.

Tips Memilih Asuransi

Asuransi sangat banyak digunakan masyarakat dalam rangka melindungi kendaraannya. Selain itu, memiliki asuransi kendaraan memang bersifat penting karena untuk menjaga kendaraan kesayangan Anda. Namun, meski asuransi sudah familiar bagi masyarakat Indonesia, ada baiknya kalau Anda jangan sembarangan memilih layanan asuransi.

Terdapat beberapa jenis asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, karena banyaknya jenis asuransi mungkin saja Anda merasa bingung. Maka dari itu, simak tips memilih asuransi kendaran yang tepat di bawah ini agar Anda bisa menentukan piliihan asuransi yang cocok.

asuransi kendaraan

1. Pertimbangkan Rekomendasi Asuransi yang Diberikan Dealer

Dealer akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi ketika Anda mengajukan kepemilikan kendaraan. Biasanya, asuransi kendaraan tersebut cukup bagus dan terpercaya. Namun, Anda bisa mempertimbangkan rekomendasi tersebut dan tidak wajib mengikutinya. Karena rekomendasi hanya sekedar saran saja.

Jika ada perusahaan asuransi yang dirasa lebih bagus, kenapa tidak Anda menggunakan perusahaan asuransi tersebut. Apalagi kalau Anda sudah bekerja sama dengan perusahaan tersebut, tingkat kepercayaan Anda pada perusahaan ini tentu sudah tidak diragukan lagi.

2. Sesuaikan dengan Kemampuan

Sekarang ini banyak pilihan perusahaan asuransi yang semakin bagus dan dapat dipercaya. Karena pilihan yang terlalu banyak inilah terkadang Anda bingung harus memilih yang mana. Solusi yang paling tepat yaitu membeli polis asuransi sesuai dengan kemampuan Anda. Kemudian, akan lebih baik kalau Anda bertanya kepada teman atau saudara yang lebih dulu menggunakan asuransi kendaraan.

3. Jangan Terburu-buru Memilih Perusahaan Asuransi

Meskipun Anda mendapatkan rekomendasi perusahaan asuransi dari teman atau saudara bahkan dealer, ada baiknya jangan terburu-buru memilih perusahaan tersebut. Sebaiknya pertimbangkan beberapa hal kalau mau memilih asuransi, seperti kredibilitas perusahaan, prosedur klaim, bengkel rekanan, fitur layanan, rasio keluhan, dan lain sebagainya.

Bila perlu Anda datangi saja perusahaan asuransi kendaraan tersebut untuk bertanya lebih jauh dan melakukan perbandingan. Perbandingan yang dimaksud seperti tarif premi, jaminan, fasilitas, keuntungan yang ditawarkan, dan kerugian yang akan diterima. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memilih perusahaan asuransi yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

4. Pilih Produk dan Jenis yang Tepat

Setelah memilih perusahaan asuransi yang dirasa tepat, selanjutnya Anda harus memilih produk dan jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, terdapat dua jenis asuransi yang akan ditawarkan, yaitu asuransi all risk dan total loss only. Asuransi all risk merupakan jenis asuransi yang menjamin seluruh resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda.

Sedangkan, asuransi total loss only merupakan jenis asuransi yang menjamin kerusakan kendaraan Anda di atas 75% saja. Jadi, apabila kendaraan Anda mengalami kerusakan dibawah 75% maka perusahaan tidak akan mengklaim. Dengan demikian, menggali informasi sebanyak-banyaknya lebih baik dilakukan untuk menentukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah menentukan perusahaan dan produk asuransi yang Anda pilih, selanjutnya melengkapi dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan. Dokumen tersebut diantaranya formulir asuransi, salinan STNK, salinan KTP, SIM, NPWP, KITAS, dan KITAP bagi warga negara asing.

Demikianlah tips memilih asuransi yang tepat untuk kendaraan Anda. Beli asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan melalui perusahaan yang Anda percayai. Dengan demikian, Anda telah berinvestasi untuk kendaraan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *