5 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Total Knee Replacement

King Sige – Persiapan untuk operasi TKR harus dipenuhi secara maksima. Biaya operasi TKR itu sendiri minimal 70 juta Rupiah berdasarkan informasi dari dokter.my. Selain diagnosis dan evaluasi dari tim medis, ada hal-hal yang wajib Anda lakukan sebelum operasi. Tujuh di antaranya adalah berikut ini.

1. Tidak Boleh Merokok

Durasi berhentinya aktivitas merokok disesuaikan dengan lamanya Anda merokok sejauh ini. Sampaikan saja kepada tim medis Dr. Wong Chung Chek dan Dr. Lee Woo Guam biar diberi arahan yang tepat. Soalnya merokok bisa bikin dampak operasi kurang begitu berarti. Bahkan bisa sangat mengganggu dan menghambat saat Anda tengah direhabilitasi pasca operasi.

2. Tuntaskan Pekerjaan Gigi yang Tertunda

Hal kedua ini wajib diperhatikan persis sebelum operasi. Apakah gigi Anda sudah dibersihkan atau belum. Sudahkah makan dengan cukup atau belum. Sebagaimana biasanya, sebelum proses operasi dimulai, pasien wajib berpuasa. Namun tetap harus memiliki tenaga yang cukup biar setelah operasi yang melibatkan keluarnya banyak darah itu bisa lancar.

3. Lakukan Persiapan untuk Operasi Lutut secara Maksimal

Ada beberapa latihan yang disarankan oleh dokter dan tim medis. Pertama, dengan latihan otot paha. Caranya dengan berjalan, berlari, kemudian libatkan aktivitas fisik lainnya. Misal dengan cara meremas paha. Saat meremas paha itu usahakan Anda lakukan dengan posisi berbaring dan tahan kurang lebih selama 5 detik.

Cara kedua adalah dengan tendangan duduk. Langkahnya meliputi duduk lurus di kurasi, angkat dan tahan kurang lebih 5 detik, dan turunkan secara perlahan. Cara ketiga dengan tendangan berbaring. Langkahnya hampir sama dengan tendangan duduk. Kalau ada jenis latihan lain, minta saran saja pada tim medis.

4. Lakukan Diet secara Seimbang

Diet juga sangat perlu untuk memperlancar operasi TKR. Sayang kalau biaya operasi TKR atau Total Knee Replacement sebesar 70 juta Rupiah sampai disia-siakan. Setidaknya, bantulah dokter dan tim medis dalam penanganan masalah lutut Anda. Toh semua ini demi kebaikan Anda sendiri ke depannya nanti.

Diet yang paling bagus adalah dengan memperbanyak konsumsi buah serta sayuran segar. Hindari makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, gandum, serta kentang. Lakukan olahraga ringan biar tulang-tulang bergerak aktif. Meski agak nyeri, tetap lakukan sebagai persiapan terbaik menuju kesembuhan sendi lutut Anda.

5. Siapkan Rumah demi Pemulihan

Mungkin poin ini yang paling mudah. Soalnya Anda hanya perlu menyiapkan lingkungan yang kondusif untuk latihan pasca operasi. Lingkungan terbaik memiliki risiko terkecil untuk alami benturan dan kecelakaan tanpa disengaja. Apakah Anda sudah menyiapkan lingkungan seperti ini?

Setelah itu, tanyakan kepada dokter dan tim medis tentang perubahan dalam pengobatan. Khususnya sebelum operasi dimulai. Mungkin selama ini tanpa disengaja, Anda mengonsumsi obat-obatan berisiko tinggi. Nah, dengan jalan konsultasi ini, potensi gagalnya operasi akibat obat-obatan yang pernah dikonsumsi jadi lebih kecil.

Penanganan masalah operasi penggantian sendi lutut atau Total Knee Replacement dilakukan secara cermat dan tepat. Tim medis Dr. Wong Chung Chek dan Dr. Lee Woo Guam melakukan proses operasi kurang dari 60 menit. Tepatnya antara 45 menit sampai 1 jam lamanya. Proses rehabilitasi sampai mampu berjalan normal pun tersedia secara lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *