Membandingkan Kualitas AC Tiongkok vs AC Korea

King Sige – Kali ini kita akan membandingkan AC Gree vs AC Samsung. Seperti kita ketahui bahwa dua merek AC ini telah banyak dikenal masyarakat di Indonesia. Meskipun Samsung sudah jauh lebih dulu dikenal di Indonesia namun Gree juga menjadi merek andalan dengan produk-produk yang kualitasnya patut dibanggakan.

Perbandingan dua unit AC kali ini menggunakan AC Split yang memiliki ukuran ½ PK. Tipe unit yang akan dibandingkan adalah AC Gree 05MOO dan AC Samsung AR05KRFLAWKN

Kapasitas Pendingin

AC Gree 05MOO memiliki kapasitas pendingin 5.323 BTUH/h. AC ini dikenal mampu mendinginkan ruangan dengan cepat yaitu hanya dalam waktu 2 menit. Dengan kapasitas pendingin dan kecepatan mendinginkan ruangan ini, AC Gree mengalahkan AC Samsung AR05KRFLAWKN yang kapasitas pendinginnya 4.850 BTU/h.

Daya Listrik

AC Gree 05MOO menggunakan daya listrik sebesar 500 watt. Angka ini masih kalah rendah dari AC Samsung AR05KRFLAWKN yang hanya membutuhkan daya listrik sebesar 400 watt.

Tingkat Kebisingan

Pada umumnya, AC Standard memiliki tingkat kebisingan sebesar 27 dB. Angka ini juga dimiliki oleh AC Samsung AR05KRFLAWKN. Sedangkan AC Gree 05MOO memiliki tingkat kebisingan sebesar 25 dB yang artinya AC ini benar-benar mampu bekerja dalam keadaan yang sangat sunyi.

Perbedaan Unit Outdoor dan Indoor

Dua unit AC ini memiliki perbedaan pada bagian unit indoor dan unit outdoor mereka. Berikut beberapa perbedaannya :

1. Unit Outdoor

  • AC Gree 05MOO dlengkapi dengan electrical box pada unit outdoor-nya. Electrical box ini berfungsi melindungi komponen elektrikal dari paparan panas kompresor saat unit AC sedang bekerja. Sementara itu, AC Samsung AR05KRFLAWKN tidak dilengkapi dengan eletrical box ini.

  • AC Gree 05MOO dilengkapi dengan noise filter dan lapisan soundproof di bagian kompresornya sehingga bunyi AC saat beroperasi bisa diredam. Namun, AC Samsung AR05KRFLAWKN tidak memiliki peredam semacam ini.

  • AC Gree 05MOO memiliki kondensor yang dilapisi dengan Gold Fin. Lapisan ini akan melindungi unit dari korosi dan akan membantu proses pertukaran panas sehingga unit AC akan menjadi lebih awet. Lagi-lagi, AC Samsung AR05KRFLAWKN  tidak dilengkapi dengan lapisan semacam ini.

2. Unit Indoor

  • Kedua unit AC memiliki evaporator yang dilengkapi dengan lapisan Blue Fin. Lapisan ini akan mencegah timbulnya karat dan jamur. Lapisan ini juga berfungsi mempercepat tetesan air ke bawah selama proses kondensasi sehingga unit AC akan lebih awet.
  • AC Gree 05MOO dilengkapi dengan LED Display yang akan menampilkan suhu, mode, dan kode error. Sementara itu LED Display pada unit AC Samsung AR05KRFLAWKN hanya menampilkan suhu dan mode.

  • AC Gree 05MOO memiliki desain menyerupai sisir di bagian outlet udara. Desain ini bisa membantu memperlancar hembusan udara menjadi lebih sunyi namun jarak jangkauannya jauh. Sedangkan AC Samsung AR05KRFLAWKN memiliki desain standar dengan blower tanpa peredam.
  • Kedua unit AC memiliki unit indoor yang dilengkapi electrical box. Keseluruhan electrical box pada AC Gree 05MOO terbuat dari bahan logam sementara AC Samsung AR05KRFLAWKN terbuat dari bahan plastik daur ulang pada bagian dalamnya, walaupun bagian luarnya terbuat dari logam.
  • Kedua unit AC memiliki filter yang terbuat dari bahan premium dengan rongga yang lebih rapat dan awet.

Kesimpulannya, AC Gree 05MOO lebih unggul dari segi spesifikasi dibandingkan AC Samsung AR05KRFLAWKN. Merek AC Gree ternyata juga sudah populer di dunia dan digunakan dalam beberapa event besar di dunia seperti Winter Olympic Games 2014, Rio Olympic 2016, serta FIFA World Cup 2018 di Russia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *