Tips Diet Sehat untuk Anda yang Beranjak di Usia 40 Tahun ke atas

King Sige – Memilih program diet yang pas merupakan cara efektif bagi Anda yang sudah memasuki usia lanjut agar hasil yang diberikan maksimal. Tidak semua jenis diet cocok untuk berbagai umur dikarenakan semakin bertambahnya usia maka tingkat metabolisme tubuh seseorang akan semakin melambat. Selain itu energi juga berbeda saat Anda masih berusia muda. Hal ini juga merupakan alasan mengapa banyak orang yang memiliki tubuh gendut saat memasuki usia 40 tahun.

Melakukan diet pada usia 40 tahun tentunya tidak akan mudah seperti Anda masih berusia 20 tahun. Walaupun terasa sulit tentunya menjaga bentuk tubuh agar tetap ramping pada usia 40 tahun sangatlah penting bagi Anda yang aktif dalam lingkungan sosial. Berikut ada beberapa tips mengatur pola makan khusus yang bisa Anda terapkan agar diet Anda berjalan dengan baik.

Pilih Secara Bijak

Seperti yang sudah di katakan sebelumnya, Anda harus mengerti makanan mana saja yang perlu dikonsumsi dan makanan mana saja yang perlu dihindari. Porsi makan juga harus lebih diperhatikan, tidak kurang tidak lebih tapi secukupnya. Mengingat metabolisme tubuh Anda yang sudah tidak terlalu bagus seperti dulu maka Anda harus memilih makanan dengan kandungan yang bermanfaat benar bagi tubuh.

Hindari Gula

Mengonsumsi gula secara berlebih tentu akan berdampak negatif. Apa lagi jika Anda sudah memasuki usia 40 tahun, pastinya mengonsumsi makanan yang mengandung gula harus lebih diperhatikan. Karena gula bisa membuat tangan, kaki dan wajah menjadi bengkak-bengkak. Menghindari gula juga akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan dengan hasil yang signifikan.

Atur Porsi Makan

Menurunnya metabolism tubuh pada usia 40 tahun membuat kita harus lebih hati-hati ketika mengonsumsi makanan. Memperhatikan jumlah porsi yang tersaji pada setiap hidangan merupakan kunci penting untuk menjaga Anda dari berat badan berlebih. Jika hal tersebut dirasa sulit dilakukan cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan atau sayuran segar. Hal lain yang bisa dilakukan adalah minum segelas air sebelum makan atau seringlah minum disela-sela aktivitas makan Anda.

Makan di Waktu yang Tepat

Memasuki usia 40 tahun bukan berarti kita terhindar dari tingkat emosi berlebih yang bisa muncul kapan saja. Rasa emosi yang datang tiba-tiba ini bisa menjadi pemicu lepas kontrol untuk mengonsumsi makanan. Bisa saja Anda terbawa emosi sesaat dan makan dengan porsi yang cukup banyak sedangkan pada saat itu Anda tidak benar-benar merasa lapar. Pada usia ini Anda hanya boleh makan ketika benar-benar lapar bukan karena emosi yang tidak stabil, agar Anda terhindar dari berat badan yang berlebih.

Hindari Makanan Olahan

Jika Anda gemar makan makanan olahan, maka mulai dari sekaran coba untuk dikurangi sedikit demi sedikit. Memang makanan olahan seperti gorengan, mie instan, asinan, dan makanan kaleng paling enak untuk disantap. Tapi kembali lagi mengingat usia Anda yang sudah tidak muda lagi ada baiknya jika menghindarinya. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang lebih membawa banyak manfaat bagi tubuh Anda. Selain itu bisa menjaga tubuh Anda tetap bugar.

Itulah beberapa tips diet yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Tips diet diatas bisa lebih efektif dan memberikan hasil yang maksimal jika di selingi dengan aktivitas olahraga. Pada usia 40 tahun tentu tubuh akan mudah terserang penyakit karena sistem imun yang juga menurun. Ada baiknya jika Anda tetap melakukan gerakan aktif sewaktu-waktu agar seluruh anggota tubuh tetap sehat dan bugar. Lakukan secara rutin dan teratur maka Anda kan merasakan hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *