Ini Ciri-Ciri Anak yang Hiperaktif

King Sige – Banyak orang tua merasa kesulitan menemukan cara mengatasi anak hiperaktif. Seperti kita ketahui bahwa tidak sedikit anak yang tumbuh dengan sedikit lebih aktif daripada anak-anak lain seusianya. Kondisi hiperaktif ini sebenarnya sesuatu yang tidak harus ditakutkan. Jika orang tua terus mendukung dan mengawasi perkembangan anak, maka kondisi seperti ini bisa diatasi dengan baik.

Agar bisa mengatasi anak yang hiperaktif maka orang tua perlu mengenali ciri-ciri yang ditunjukkan oleh anak. Anak yang hiperaktif menunjukkan perilaku yang jelas berbeda dengan anak-anak lainnya. Agar bisa mengambil tindakan yang tepat maka orang tua perlu memahami bagaimana ciri-ciri yang ditunjukkan oleh anak hiperaktif.

Jangan asal menyimpulkan karena kondisi hiperaktif ditunjukkan oleh tanda-tanda tertentu. Kali ini kita akan membahas mengenai apa saja ciri-ciri anak hiperaktif. Dengan memahami ciri-ciri seperti apa yang diperlihatkan oleh anak, maka orang tua bisa mengambil tindakan yang tepat.

Ciri-Ciri Anak Hiperaktif

Setiap anak mungkin akan menunjukkan ciri-ciri yang berbeda-beda oleh karena itu pastikan anda memperhatikan ciri seperti apa yang diperlihatkan oleh anak anda. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang ditunjukkan oleh anak hiperaktif :

1. Tidak Cepat Lelah

Anak memang memiliki sifat yang selalu ingin tahu dan sangat aktif mengeksplorasi hal-hal yang ada di lingkungan sekitarnya. Namun, setiap anak memiliki batas energi masing-masing, meskipun sibuk mengeksplorasi akan ada waktunya anak merasa lelah dan mengantuk. Pada anak yang hiperaktif, mereka tidak akan mudah lelah jika dibandingkan anak-anak lainnya.

2. Berbicara Keras dan Menyela Pembicaraan

Anak yang hiperaktif tidak hanya menonjol dari segi energinya dalam beraktivitas namun juga menonjol secara verbal.  Mereka akan cenderung berbicara dengan suara yang keras. Kemudian, anak yang hiperaktif akan cenderung menyela pembicaraan orang lain. Hal ini disebabkan karena mereka selalu ingin menjadi pusat perhatian.

3. Cenderung Melawan

Anak yang hiperaktif memiliki kebiasaan untuk melawan apa yang diperintahkan oleh orang tua atau orang-orang di sekitarnya. Mereka memiliki pemikiran yang unik yang lebih mengedepankan keinginan pribadi dan melawan apa yang diberitahukan orang tua. Namun, pastikan jangan sampai berlaku kasar meskipun anak terus berusaha untuk melawan.

4. Sulit untuk Tenang

Anak yang tidak hiperaktif mungkin akan lebih mudah untuk diminta tenang dan duduk diam namun lain halnya dengan anak yang hiperaktif. Anak yang hiperaktif cenderung sulit untuk tenang atau diam. Ia cenderung akan selalu bergerak melakukan aktivitas kesana kemari karena memang anak yang hiperaktif juga memiliki energi yang seolah tak ada habisnya.

5. Sulit untuk Bersabar

Kesabaran penting untuk diajarkan kepada anak sejak kecil. Namun hal ini akan lebih sulit untuk dilakukan pada anak yang hiperaktif. Anak yang hiperaktif cenderung sulit untuk bersabar. Mereka cenderung tergesa-gesa dan selalu ingin semuanya berjalan dengan cepat sesuai keinginannya.

6. Sulit untuk Fokus

Anak yang hiperaktif cenderung akan mengalami kesulitan untuk fokus pada satu hal. Ia sulit untuk memfokuskan pikiran pada apa yang ada di hadapannya atau pada apa yang sedang ia kerjakan. Anak hiperaktif sulit untuk dibuat tenang dan tidak suka berlama-lama diam pada satu jenis aktivitas.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri anak hiperaktif yang bisa anda amati terjadi pada anak. Sebagai orang tua, anda perlu berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi kondisi ini dengan membimbing anak secara perlahan-lahan. Jangan remehkan kondisi hiperaktif ini karena akan bisa menganggu tahap perkembangan anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4693CFA9DF2