Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi Syariah

King Sige – Asuransi syariah telah menjadi jenis asuransi pilihan masyarakat saat ini. Selain karena lebih adil dan menguntungkan pengelola dana, asuransi jenis ini lebih transparan. Jika Anda tertarik untuk mengikuti asuransi berbasis syariah ini, perhatikan beberapa hal berikut sebelum memilih.

1. Pastikan Pengelola Dana Diawasi MUI

Majelis Ulama Indonesia telah membentuk Dewan Pengawas Syariah untuk memantau berbagai transaksi ekonomi yang dijalankan secara syariah. Sebelum memilih, pastikan pengelola dana asuransi telah mendapat sertifikat dari DPS MUI sehingga terjamin semua transaksinya sesuai dengan syariat.

Dewan Pengawas ini juga akan memberikan teguran jika pengelola dana tidak transparan atau melakukan hal-hal yang bertentangan dengan syariat. Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir jika pengelola dana tidak amanah atau melakukan kecurangan yang akan merugikan nasabah.

2. Cari Referensi dan Pelajari Ilustrasi yang Diberikan

Sebelum memilih asuransi syariah, Anda bisa mulai mencari referensi perusahaan asuransi mana yang sudah terpercaya. Anda juga dapat memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang akan Anda peroleh jika mengikuti asuransi tersebut. Anda juga bisa bertanya langsung pada nasabah dari asuransi tersebut untuk memastikan.

Ada baiknya Anda memahami dan mempelajari ilustrasi yang diberikan oleh pihak asuransi. Sangat penting bagi Anda untuk memahami mekanisme asuransi untuk mencegah kesalahpahaman di masa mendatang.

3. Sesuaikan Dengan Kebutuhan dan Kemampuan Anda

Sebelum memilih produk asuransi, pastikan Anda telah mempertimbangkannya dengan baik. Jenis asuransi jiwa dan investasi adalah yang terbaik. Anda tidak hanya mendapatkan manfaat asuransi, namun juga hasil dari dana investasi.

Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan Anda membayar premi dan waktu jatuh temponya. Meski tidak mengenal dana hangus seperti asuransi konvensional, Anda juga tetap harus berkomitmen memenuhi premi sesuai dengan kesepakatan agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Sebagai saran, Anda bisa memilih program Allisya Protection Plus dari Allianz Syariah yang telah memenuhi tiga syarat di atas. Anda juga bisa memilih jumlah, cara dan waktu pembayaran premi sesuai dengan kemampuan Anda.

Allianz Syariah saat ini juga tengah mengadakan sebuah event kepenulisan blog yang diberi tajuk ‘KadoUmroh Allianz’. Event yang telah berlangsung selama bulan Ramadhan yang lalu itu, telah memiliki 25 kisah inspiratif terbaik dari orang-orang sekitar yang berhak mendapatkan kado umroh dari Allianz.

Anda bisa mengunjungi kadoumroh.allianz.co.id untuk membaca 25 kisah inspiratif tadi dan memilih sosok mana yang paling berhak mendapatkan kado umroh dari Allianz. Mari kita wujudkan impian mereka untuk bisa pergi ke tanah suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4693CFA9DF2