Jual Hewan Qurban : Ini Cara Cerdas Memilih Hewan Qurban

King Sige – Tempat jual hewan qurban tentu saja akan banyak diserbu saat ini mengingat Idul Adha sudah semakin dekat. Umat muslim berbondong-bondong mempersembahkan hewan qurban mereka sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah Allah. Ada yang memilih berqurban sapi, kambing, domba, bahkan ada juga mungkin yang berqurban unta.

Seperti kita ketahui bahwa untuk mendapatkan hewan qurban sebenarnya tidaklah sulit namun juga harus sangat hati-hati. Apalagi hewan yang harus diqurbankan bukanlah hewan yang sembarangan. Maksudnya, ada syarat-syarat tertentu yang harus dimiliki oleh hewan yang akan diqurbankan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk teliti memilih hewan yang akan diqurbankan. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang tepat dan cerdas ketika akan memilih hewan qurban. Diharapkan dengan memilih secara tepat kita bisa mendapatkan hewan qurban terbaik dan tentunya membawa keberkahan.

Tips Memilih Hewan Qurban

Banyak orang yang lebih suka untuk memilih sendiri hewan yang akan diqurbankan. Jika anda memang ingin turun tangan sendiri dalam pemilihan hewan qurban berikut ada beberapa tips memilih hewan qurban yang bisa anda terapkan :

1. Lihat Kondisi Fisik

Poin yang pertama kali harus anda lihat adalah kondisi fisik hewan yang akan anda beli. Salah satu syarat hewan qurban adalah tidak memiliki kecacatan oleh karena perhatikan apakah ada cacat pada fisik hewan. Selain itu perhatikan pula apakah hewan dalam kondisi kurus atau gemuk karena hewan yang patut untuk diqurbankan adalah hewan yang gemuk sehat.

2. Perhatikan Nafsu Makan Hewan

Ketika memilih hewan ternak, coba tanyakan bagaimana nafsu makan hewan tersebut. Anda juga mungkin bsia melihat secara langsung bagaimana nafsu makan yang dimiliki hewan. Pastikan bahwa hewan memiliki nafsu makan yang baik sehingga berat badan yang ia miliki didapat dengan cara yang sehat dan aman.

3. Tanyakan Usia Hewan

Ketika anda berkunjung ke lokasi jual hewan qurban, anda harus banyak bertanya sebelum memilih hewan yang layak. Satu hal yang penting untuk ditanyakan adalah usia hewan. Tanyakan berapa usianya karena hewan yang bisa diqurbankan haruslah memenuhi syarat usia minimal tertentu.

4. Perhatikan Detail Bagian Tubuh Hewan

Anda harus memperhatikan bagaimana kondisi setiap bagian tubuh hewan yang akan anda beli. Misalnya, perhatikan kondisi matanya apakah bersih dan cerah. Kemudian bagaimana kondisi bulunya, telinga, dan lain sebagainya. Kondisi yang bersih tentu menandakan bahwa hewan tersebut sehat dan dirawat dengan cara yang benar.

5. Negosiasikan Harga

Harga yang anda bayarkan tentu haruslah harga yang paling sesuai dan menguntungkan baik dari segi pembeli maupun penjual. Lakukan negosiasi harga namun ingat anda harus memastikan bahwa anda membeli hewan dengan metode yang halal dan uang yang halal.

Bagi anda yang tidak begitu memahami tentang hewan ternak mungkin anda akan kesulitan untuk memilih hewan yang paling sempurna untuk dijadikan qurban. Agar tidak salah pilih, anda lebih baik membeli hewan qurban bersama orang yang lebih paham dan sudah berpengalaman tentang hewan ternak atau hewan qurban.

Mengingat pada saat musim qurban banyak orang yang akan membeli hewan qurban maka anda harus segera mencari hewan qurban yang terbaik. Jangan berburu hewan qurban mendekati hari H karena bisa jadi anda akan kesulitan menemukan hewan qurban dengan kondisi yang baik sesuai harapan. Selain itu, pilih tempat jual hewan qurban yang bersih dan sudah terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4693CFA9DF2