Tips Memilih Sambungan Pipa yang Kuat dan Tahan Lama

King Sige – Pipa jenis PVC atau biasa disebut juga dengan pipa paralon merupakan salah satu jenis pipa yang sering digunakan. Baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan industri. Hal ini dikarenakan pipa PVC mudah diolah dan ringan. Memiliki panjang yang terbatas, pipa PVC memerlukan sambungan pipa dalam penyusunannya.

Selain pemilihan pipa yang sesuai dengan kebutuhan, pemilihan sambungan untuk pipa ini pun tak kalah pentingnya. Karena jika kita keliru memilih, bisa saja menyebabkan beberapa kerugian materil yang lebih banyak di masa yang akan datang.

Ada banyak jenis aksesoris pipa dengan berbagai merek yang beredar di pasaran. Anda harus memerhatikan kembali jenis sambungan seperti apa yang Anda perlukan. Sebelum membeli ada baiknya Anda memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Pilihlah Sambungan Pipa dengan Material Bagus

Sama halnya dengan pipa PVC itu sendiri, bahan baku jelas memengaruhi kualitas dan ketahanan sambungan. Pilihlah aksesoris pipa yang tidak mengandung kapur karena material kapur dapat menyebabkan sambungan mudah retak dan pecah.

Perhatikan Kebutuhan yang Anda Perlukan

Untuk menghemat budget dan tenaga, ada baiknya Anda memastikan apa-apa saja jenis sambungan untuk pipa yang Anda butuhkan. Misalnya untuk instalasi dengan banyak belokan menggunakan elbow knee atau jika memerlukan sambungan beberapa pipa dengan ukuran berbeda Anda bisa menggunakan adapter.

Gunakan Teknik yang Tepat Saat Pemasangannya

Selain pemilihan bahan baku, cara pemasangan juga berpengaruh pada ketahanan sambungan. Pastikan Anda mengetahui teknik yang tepat dalam pemasangan pipa. Misalnya untuk pipa jenis PVC, Anda membutuhkan lem perekat dengan senyawa yang mampu merekatkan dan tahan lama. Atau jika ingin lebih praktis, Anda bisa memilih sambungan berulir untuk merekatkan pipa.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin membeli sambungan  pipa. Pastikan Anda tidak salah pilih dan memerhatikan betul kualitas produk yang Anda gunakan. Maka dari itu, gunakanlah sambungan pipa air Rucika yang memenuhi berbagai kriteria di atas. Dijamin instalasi pipa yang Anda pasang akan lebih kuat dan tahan lama.

Sebelum menerapkan tips ini, Anda sebaiknya mengetahui dahulu berbagai macam sambungan pipa beserta fungsinya. Mungkin penjual di toko bangunan akan memberikan sedikit penjelasan untuk Anda nanti. Tapi, Anda harus membekali diri terlebih dahulu. Yuk Kenali Macam-Macam Sambungan Pipa dan Fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4693CFA9DF2