Ketahui Cara Perawatan Sepeda Drag Anda yang Tepat dan Benar Berikut Ini!

King Sige – Berbicara mengenai balap bukan hanya melulu mengenai motor dan mobil saja karena balapan sepeda juga tidak kalah seru untuk dijadikan sebagai perbincangan. Jenis sepeda drag atau balap itu tersedia banyak sekali model dipasaran, tetapi jika memang Anda menginginkan tampilan yang berbeda dari pada umumnya bisa juga melakukan perubahan pada beberapa bagiannya. Misalnya pada bagian gear, pedal, bodi dan lainnya. Sepeda jenis drag identik dengan penggunaannya pada saat kompetisi, makanya perlu kecepatan dan kenyamanan yang berbeda pada setiap pengguna.

Penggunaan sepeda balap itu berbeda dengan sepeda pada umumnya yang santai, kecepatan rendah dan selalu memilih jalan terbaik. Makanya penggunaan yang tidak umum membuatnya perlu perawatan yang tidak bisanya juga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya sepeda kesayangan Anda tetap dalam kondisi baik, antara lain:

1. Bersihkan setelah digunakan.

Jangan pernah menunda-nunda untuk membersihkan sepeda yang baru saja Anda gunakan, bekas debu ataupun kotoran lain yang menempel bisa saja membuat kondisi sepeda Anda semakin buruk. Bahkan beberapa kotoran yang tidak segera dibersihkan akan mengundang karat bermunculan pada setiap bagian sepeda, hasilnya pasti akan mengurangi kenyamanan dan kondisi dari sepeda itu sendiri.

2. Mencuci sepeda.

Walaupun hanya sepeda tetapi kebersihannya tidak bisa dibedakan dengan alat transportasi lainnya, apalagi untuk pencucian. Jangan pernah sepelekan kotoran yang menempel hanya dengan mengelap saja. Karena jika kotoran tersebut masih tersisa dan belum bersih sempurna bisa saja mengakibatkan karat bermunculan. Manya Anda bisa melakukan pencucian sepeda dengan menggunakan shampoo yang sering digunakan dalam pencucian mobil atau motor.

3. Perhatikan bagian kecil.

Mencuci sepeda itu bukan hanya melihat pada bagian-bagian yang terlihat saja seperti bodi tetapi juga lainnya. Seperti rem, ban, sadel, gear dan lainnya. Kotoran yang mengumpul setelah sepeda drag digunakan berpotensi buruk, bisa dari lumpur, kotoran aspal, debu ataupun tanah yang menempel.

4. Lap sampai kering.

Setelah Anda membersihkan sepeda dengan mencucinya akan lebih baik segera lap sampai dengan kering. Karena sisa endapan air yang ada pada sepeda dan tidak segera dilap akan menyebabkan sepeda Anda mudah berkarat. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan supaya tidak terjadi goresan ataupun yang lainnya pada sepeda.

5. Gunakan cairan wax.

Bodi sepeda yang kecil bukan berarti tidak bisa dibuat mengkilap, Anda bisa menggunakan cairan wax yang sering digunakan dalam pencucian mobil ataupun motor. Cara ini membuat tampilan sepeda Anda semakin mengkilap dan sangat menarik perhatian orang yang melihat.

6. Pelumas gear atau rantai.

Masalah yang tidak jarang terjadi pada sebuah sepeda adalah pada bagian rantai, untuk mengurangi hal tersebut bisa Anda maksimalkan dengan menggunakan pemulas pada bagian rantai atau gearnya supaya selalu licin, ringan dikayuh dan tidak mengeluarkan berbagai bunyi-bunyi aneh.

7. Simpan pada tempat yang tepat.

Lalu tempat penyimpanan dari sepeda itu sendiri juga perlu untuk Anda perhatikan, jangan sampai Anda menyimpan pada ruangan lembab dan mengakibatkan terjadinya karat bermunculan.

Nah, itulah ketujuh tips dan trik mudah untuk membuat kondisi sepeda road bike Anda tetap baik walaupun sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Pada intinya perawatan sepeda drag yang paling utama adalah kebersihan supaya tidak mengurangi performa di jalan. Jika memang Anda menginginkan adanya perubahan pada sepeda dengan modifikasi sesuai keinginan, harus tetap diperhatikan kenyamanan, keamanan dan keawetan dari produk yang Anda gunakan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4693CFA9DF2