Gaji Cepat Habis? Yuk Baca Cara Menghemat Uang Belanja di Bawah Ini

King Sige – Apakah Anda sering kehabisan gaji di pertengahan bulan karena anggaran belanja yang melenceng dari seharusnya? Sepertinya, Anda harus mengikuti tips menghemat uang belanja ala ibu rumah tangga di Jepang yang terkenal cermat dan hati-hati dalam pengeluaran. Penasaran? Simak 5 cara menghemat uang belanja di bawah ini.

  1. Ambil Uang Secara Tunai

Agar mudah dikelola, ada baiknya Anda mengambil semua gaji secara tunai. Kemudian, masukkan ke beberapa amplop terpisah atau biasa disebut money organizer sesuai dengan kebutuhan seperti uang pulsa, uang bensin, dan sewa kost.

Perlu kedisiplinan dan komitmen yang kuat untuk menjalankan cara ini. Perlu Anda tiru cara disiplin ibu-ibu rumah tangga di Jepang dalam menerapkan cara ini. Selain lebih efisien, Anda juga tahu ke mana arah uang gaji Anda digunakan secara jelas.

  1. Membuat Target Tabungan Mingguan

Menabung dengan jumlah yang besar memang berat bagi sebagian orang. Maka, Anda bisa memecah target tabungan mingguan dalam jumlah kecil yang harus dipenuhi setiap minggunya.

Misalnya, Anda menabung 5 minggu untuk membeli smartphone baru, 6 minggu untuk renovasi rumah, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, menabung tidak lagi terasa berat dan bisa dijadikan antisipasi untuk keperluan mendadak.

  1. Manfaatkan Diskon

Diskon pada momen-momen tertentu memang sangat menarik untuk berbelanja. Tapi, eits, jangan sampai karena tergiur dengan diskonan, pengeluaran Anda justru membengkak dan membuat gaji cepat habis.

Pilih diskon yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan sekadar keinginan semata. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Tentunya, Anda harus mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu dibandingkan keinginan yang belum jelas manfaatnya.

  1. Pantau dan Bandingkan Harga

Jangan lelah untuk memantau harga kebutuhan dari semua merek yang ditawarkan di pasaran. Lihat pilihan mana saja yang memberikan harga dan value terbaik. Tidak ada salahnya Anda mengunjungi tempat grosir atau tempat-tempat penyedia kebutuhan Anda seperti biasa dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah bagus.

Anda juga bisa mencari kafe dengan rasa kopi yang sama dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan tempat nongkrong Anda selama ini. Untuk belanja baju dan kosmetik, Anda bisa mensiasatinya sedemikian rupa agar tetap hemat.

  1. Buat Daftar Belanja

Tahukah Anda? Pembengkakan uang belanja kerap terjadi akibat pergi berbelanja tanpa menyusun daftar belanja terlebih dahulu. Salah satu cara berhemat yang dilakukan ibu rumah tangga di Jeang adalah membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket.

Sesampainya di supermarket, beli semua barang yang berada di daftar. Lalu segera bayar di kasir. Hindari berkeliling tanpa tujuan di supermarket atau mall karena Anda akan mudah tergiur dengan promo maupun diskon dan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak penting-penting amat. Akibatnya, gaji Anda jadi cepat ludes, bukan?

Kalau Anda bisa menjalankan cara-cara di atas, dijamin deh, gaji Anda tidak akan cepat menguap begitu saja. Anda tetap bisa menikmati hidup seperti biasa, dan memiliki tabungan untuk keperluan di masa depan. Selamat mencoba 5 cara menghemat uang belanja di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4693CFA9DF2