3 Sifat Berita yang Bisa Ditemukan di Berita Nasional

King Sige – Mungkin Anda sering melihat atau membaca berita yang ada di berbagai media massa. Baik itu media daring maupun di koran dan televisi. Berbagai berita nasional bisa Anda temukan di sana. Apa yang Anda temukan setelah membaca atau menonton sebuah berita? Informasi? Yup! Benar!

Tapi, tahukah Anda bahwa berita yang selalu Anda baca atau tonton sehari-hari memiliki sifat? Tak percaya? Tapi ini benar adanya, kok! Berita memiliki beberapa unsur seperti what, why, where, when, dan lainnya. Ia juga memiliki sifat pendukung yang menjadikannya sebagai berita yang menarik untuk disimak. Apa saja sifat dari sebuah berita itu?

  1. Directive

Sifat pertama dari sebuah berita adalah directive atau mengarahkan. Ketika Anda melihat sebuah berita, terutama berita yang menyangkut how to apa yang Anda rasakan? Merasa terarah? Merasa dipengaruhi untuk melakukan hal yang sama sehingga menghasilkan hasil yang sama baiknya?

Kebanyakan orang yang menonton atau membaca berita seperti ini memang merasa dipengaruhi sehingga mau untuk mengikuti apa yang ada di dalam berita tersebut. Inilah yang dimaksud dari sifat mengarahkan dalam berita. Berita bisa mempengaruhi khalayak ramai. Baik itu disengaja ataupun tidak sehingga membuatnya memiliki sifat yang satu ini.

Jelas sekali, ini adalah sifat yang sangat bagus, kan? Dengan adanya sifat mengarahkan, terutama untuk jenis berita yang positif, para pembaca akan mengetahui mana hal yang baik dan bisa dilakukan dan mana yang tidak. Misalnya saja untuk berita bagaimana cara menjaga kesehatan. Bukankah ini akan memberikan manfaat yang baik bagi khalayak?

  1. Effective

Sifat kedua adalah effective atau membangkitkan perasaan. Berita, baik itu berita nasional, lokal, regional maupun berita internasional sekalipun memiliki sifat yang satu ini. Sifat berita yang satu ini bisa mempengaruhi perasaan seseorang dan membangkitkan rasa sedih, senang, bahagia, duka ataupun simpati.

Misalnya saat Anda menonton berita tentang anak yang ditinggal mati kedua orang ruanya. Perasaan apa yang Anda rasakan? Sedih dan duka, kan? Lalu, bila Anda menonton berita olahraga di mana para atletnya mampu memenangkan berbagai kejuaraan dan mengharumkan nama Indonesia. Apa yang Anda rasakan? Pastinya bangga dan bahagia, kan?

Nah, itulah yang dimaksud dengan sifat effective atau membangkitkan perasaan. Berita mampu membuat Anda terpengaruh dengan apa yang mereka sampaikan seakan Anda juga mengalami hal tersebut. Berita di hari ini dengan sifat seperti ini jelas sangat bagus, kan? Apalagi bila berita yang ditayangkan membawa hal yang positif.

  1. Invormatif

Sifat terakhir yang dimiliki sebuah berita yang baik adalah invormatif atau memberikan informasi. Berita harus memiliki sifat ini. Sebab, berita adalah laporan yang berisikan fakta tentang keadaan yang terjadi. Dengan begitu ia memberikan informasi dan gambaran yang jelas untuk pengetahuan publik.

Sifat yang satu ini juga sangat bagus untuk para pembaca ataupun penonton. Apalagi bila informasi yang diberikan adalah informasi positif seperti bagaimana cara mengurangi tingkat kejahatan di sekitar tempat tinggal. Bisa juga berita mengenai bahaya buang sampah sembarangan sehingga menimbulkan banjir di sekitar tempat tinggal.

Nah, itulah beberapa sifat sebuah berita yang bisa Anda temukan di berbagai berita nasional, regional, lokal maupun internasional. Setiap berita wajib memiliki sifat ini untuk menjadi berita yang menarik dan layak dikonsumsi masyarakat. Sebab, sifat-sifat ini adalah sifat yang bagus dan bermanfaat untuk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4693CFA9DF2