8 Tips Memasak Rendang ala Minang agar Empuk dan Enak

King Sige – Rendang dikenal sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Masakan khas Minang ini memang memiliki rasa yang enak dan sangat memikat lidah. Jika Anda tertarik untuk memasak rendang dengan cita rasa khas Minang yang empuk dan enak, ini dia 8 tips memasak rendang ala Minang agar masakan rendang Anda empuk dan enak.

tips memasak rendang

  1. Rebus Bumbu Menjadi Satu

Hampir semua proses memasak diawali dengan menumis bumbu hingga harum. Namun, pengolahan bumbu pada rendang tentu saja berbeda. Semua bumbu halus, santan, dan rempah-rempah direbus bersama dalam panci. Anda harus mengaduk semua campuran ini hingga santan mengental. Kemudian masukkan bahan utama, yakni daging dan telur.

  1. Perbandingan Kelapa 1:3

Rendang yang menggunakan bahan satu kilogram daging sebaiknya menggunakan santan kental dari 3 butir kelapa. Perbandingan ini tidaklah paten, namun dianggap paling pas dan menghasilkan rendang yang paling lezat.

  1. Gula Tidak Masuk ke Dalam Daftar Bahan

Dalam tradisi minang, memasak rendang tidak diberi gula. Jika ada penambahan gula pada saat memasak rendang, itu bisa saja karena pengaruh kultur lain. Terkait apakah lebih baik menggunakan gula atau tidak, itu tergantung preferensi Anda sendiri.

  1. Kunci Utama Memasak Rendang: Waktu Memasak

Bukan hal yang mencengangkan lagi apabila memasak rendang selalu memerlukan waktu yang lama. Rendang yang benar-benar kering membutuhkan waktu pemasakan sekitar 5-6 jam. Sedangkan 4 jam pemasakan akan menghasilkan rendang basah. Tiga jam pemasakan hanya menghasilkan masakan kalio daging.

  1. Pemilihan Bagian Daging

Agar Anda mendapatkan masakan rendang dengan daging yang tidak hancur dan utuh meski dimasak berjam-jam, Anda sebaiknya memilih daging sapi bagian paha. Pada bagian tersebut biasanya mempunyai  tekstur daging yang lebih kuat dan tidak akan mudah hancur.

  1. Ukuran Potongan Daging Sapi

Sebaiknya jangan memotong daging sapi dengan ukuran potongan yang terlalu kecil karena nantinya akan mudah hancur dan kurang menarik untuk dihidangkan. Pastikan pada saat memotong daging sapi, Anda memotongnya searah dengan daging sapi.

  1. Goreng Daging Sapi Terlebih Dahulu

Untuk mendapat tekstur daging sapi yang lebih baik dan juga tidak mudah hancur, Anda bisa mencoba menggoreng daging sapi terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam bumbu rendang. Cara menggorengnya cukup digoreng tanpa minyak di atas panci anti lengket.

  1. Masak Rendang dengan Api Kecil

Jangan memasak rendang dengan api yang terlalu besar karena akan membuat rendang cepat kering dan bumbunya tidak meresap dengan sempurna. Masaklah dengan api yang kecil selama 5-6 jam agar daging empuk dan enak. Hindari juga mengaduk rendang terlalu sering, karena akan merusak tekstur daging.

Ternyata, memasak rendang ala Minang yang dagingnya empuk dan enak tidak sesulit yang selama ini Anda bayangkan, kan? Asal Anda tahu tips memasak rendang yang tepat, dijamin Anda akan bisa menyajikan rendang lezat ala Minang dengan daging yang empuk dan enak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A4693CFA9DF2